Perbedaan Kesejahteraan Siswa Pada SMA Negeri Asrama dan Bukan Asrama di Kota Malang

sulis winurini

Abstract

Saat ini sekolah dengan model asrama sedang berkembang. Sekolah ini memiliki kekhasan tersendiri. Siswa yang berada di sekolah asrama akan menghabiskan seluruh waktunya di sekolah dan asrama sehingga pengalamannya penuh dengan hal-hal tentang sekolah dan asrama, sementara siswa pada sekolah bukan asrama masih memiliki pengalaman dengan keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya. Perbedaan pengalaman ini akan menimbulkan perbedaan penilaian sehingga diasumsikan terjadi perbedaan kesejahteraan siswa pada kedua model sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kesejahteraan siswa pada SMA Negeri asrama dengan yang bukan asrama di Kota Malang. Untuk memenuhi tujuan ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kota Malang pada tanggal 19 hingga 26 Juli 2018. Total partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 186 orang, terdiri dari 89 siswa dari SMAN bukan asrama dan 97 siswa dari SMAN asrama. Hasil penelitian dengan menggunakan t-test ditemukan perbedaan rata-rata skor secara signifikan pada variabel school well being antara siswa sekolah asrama dengan siswa sekolah bukan asrama (t = 5,29; p < 0,05). Skor kesejahteraan siswa pada sekolah asrama lebih tinggi. Dilihat dari aspeknya, ditemukan perbedaan rata-rata skor secara signifikan pada aspek having (t= 9,19;p < 0,05), tidak ditemukan perbedaan rata-rata skor secara signifikan pada aspek love (p > 0,05), ditemukan perbedaan rata-rata skor secara signifikan pada aspek being (t = 3,03;p < 0,05).

Keywords

Kesejahteraan siswa;sekolah asrama; sekolah bukan asrama

Full Text:

pdf

References

Buku

Beeby, CE. (1982). Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penilaian dan Pedoman Perencanaan LPSP3.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Editor: Ridwan Max Sijabat. Jakarta: Erlangga.

Kumar, Ranjit. (2011). Research Methodology. Australia: SAGE Publications.

Noble, T., McGrath, H., Roffey, S., & Rowling, L. (2008). A Scoping Study On Student Wellbeing. Canberra: Department of Education, Employment & Workplace Relations.

Papalia, Diane E., Feldman, Ruth Duskin., Martorell, Gabriela. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12 Buku 2. Editor: M. Masykur dan Rahmawati. Jakarta: Salemba Humanika.

Ryan, Kevin., & Cooper, James M. (1984). Those Who Can Teach. Ilnois: Houghton Millin.

Santrock, John W. (1998). Child Development (8th ed). Boston: McGraw Hill

Shaughessy, J.J., Zechmeister, E.B., & Zechmeister, J.S. (2000). Research Methods in Psychology. Boston: McGraw-Hill.

Jurnal

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). “Well–Being in School: A Conceptual Model”. Health Promotion International, 17(1), 79-87.

Leonard, Carl., Bourke, Sid., Schofield, Neville. (2000). Quality of School Life and Absenteeism in Primary Schools. Paper Presented at the AARE Annual Conference, 4-7 December 2000, Sidney.

Sen Keung, N.P. (1999). “Students Perception of Quality of School Life in Hong Kong Primary Schools”. Educational Research Journal, 14 (1). 49-72.

Skripsi

Praningtyas, Dini. (2010). Hubungan Antara Bullying dan School Well Being Pada Siswa SMA Di Jakarta. Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Winurini, Sulis. (2004). Perbedaan Quality of School Life Pada Siswa Kelas 3 SMA Swasta Plus Dengan Siswa Kelas 3 SMA Negeri Plus. Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Internet

“Malang Sebagai Kota Pendidikan Sejak Masa Hindia Belanda.” https://malang.merdeka.com/kabar-malang/malang-sebagai-kota-pendidikan-sejak-masa-hindia-belanda-160502n.html, diakses pada 28 September 2018.

“Program Unggulan SMAN 3 Malang.” http://www.sman3-malang.sch.id/program-unggulan, diakses pada 28 September 2018.

Lain-Lain

SMAN 3 Malang, Buku Panduan Peserta Didik SMAN 3 Malang.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Panduan PPDB SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur Tahun Pelajaran 2018/2019


DOI: https://doi.org/10.22212/aspirasi.v9i2.1105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.