Upaya Peningkatan Ekspor Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Melalui Peningkatan Daya Saing Produk

. Rasbin, Ari Mulianta Ginting
| Abstract views: 596 | views: 237

Abstract

The ability of Micro, Small and Medium-sized Enterprises (UMKM) to survive amid globalization and world trade liberalization is highly important to Indonesia for at least two reasons. First, SMEs have historically been one of the key economic actors in the Indonesian economy, accounting for over 90 percent of all the enterprises across sectors and providing employment opportunities for over 90 per cent of the country’s total workforce. Second, the Indonesian trade regime has shifted significantly from a highly protected market to a more open economic system. By focusing on SMEs in Indonesia, this paper analyzes how to increase the purchasing power of demand from other country, and government’s efforts of infra-structure better of, product standardisation, and good governance to SMEs that are verry important to implement. It is also, the government, especially at the district level (e.g. provincial or municipal), have a best role to play, such as by providing technical
assistance, information, soft loans, as well as in facilitating the cooperation between SMEs and local universities, R&D institutes, and business associations.

Keywords

UMKM; Daya Saing; Standarisasi; Pemeringkatan

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Arief Daryanto dan Yundy Hafizrianda, Model-Model Kuantitatif Untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah : Konsep dan Aplikasi, Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2010.

Idris Laena, Membedah UMKM Indonesia: Sebuah Kajian Tentang Strategi Pemberdayaan & Pengembangan UMKM di Indonesia, Jakarta: Penerbit Lugas, 2010.

Maxensius Tri Sambodo, dkk., Model dan Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Nasional, Jakarta: LIPI Press, 2008.

N. Gregory Mankiw, Teori Makroekonomi Edisi Kelima Terjemahan, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2003.

P. Rahardja dan M. Manurung, Teori Ekonomi Makro, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2001.

R. H. Arjadi, dkk., Langkah-Langkah Strategis Untuk Peningkatan Daya Saing Produk Elektronika, Jakarta: LIPI Press, 2007.

Tulus T.H.Tambunan, UMKM di Indonesia, Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.

Artikel dalam Koran:

A. Aris, “Infrastruktur RI Hambat Pertumbuhan”, Harian Bisnis Indonesia, 23 Februari 2011.

Listya Pratiwi, “Danai Infrastruktur Sukuk Diterbitkan”, Harian Jurnal Nasional, 14 Februari 2011.

Artikel dalam Koran (tanpa pengarang):

“BI Dorong Pemeringkatan UKM”, Harian Jurnal Nasional, 14 Februari 2011.

“Daya Saing Ditingkatkan”, Harian Jurnal Nasional, 14 Februari 2011.

“Daya Saing Produk Terbebani Biaya Logistik”, Harian Ekonomi Neraca, 11 Februari 2011.

“Editorial: Tragedi Infrastruktur”, Harian Media Indonesia, 7 April 2011.

“Infrastruktur Pepesan Kosong!”, Harian Bisnis Indonesia, 22 Februari 2011.

“Kadin Minta BI Ikut Jaga Daya Saing”, Harian Media Indonesia, 22 Februari 2011.

“Ketimpangan Alur Distribusi Turunkan Nilai Kompetitif”, Harian Kompas, 15 Januari 2010.

“Menggagas Peringkat Kredit UMKM”, Harian Media Indonesia, 16 Februari 2011.

“Pembangunan Infrastruktur : Dana Besar Bukan Jaminan”, Harian Koran Jakarta, 22 Februari 2011.

“Pefindo – BI Gagas Peringkat UKM”, Harian Media Indonesia, 23 Februari 2011.

“SMK, UKM,dan Mata Rantai Kewirausahaan”, Harian Bisnis Indonesia, 25 Februari 2011.

“UKM Terdesak Produk Impor”, Harian Bisnis Indonesia, 25 Oktober 2010.

Dokumen Resmi:

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 Tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2011.

The Global Competitiveness Report. Berbagai Publikasi. World Economic Forum, 2010.

Internet:

“Defisit Dagang dengan Cina Kian Membesar”, http://nasional.kontan.co.id/v2/read/nasional/55819; diakses 7 Januari 2011.

D. Banjarnahor, 2011, BI Rintis Pemeringkatan UKM, www.bisnis.com; diakses 24 Februari 2011.

Kementerian Koperasi dan UKM, Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2008 – 2009, diakses 17 Maret 2011.

“Meningkatkan Jumlah Wirausahawan Muda, Pusat Bangun Pelatihan UKM”, www.riaubisnis.com; diakses 24 Februari 2011.

M.B.Kertiyasa, 2010, Inilah 6 Fokus Infrastruktur di APBN 2011,

www.okezone.com; diakses 22 Februari 2011.

“Pemberdayaan UMKM Melalui Pusat Komunikasi Bisnis Berbasis WEB”, www.scribd.com/doc/18592238, diakses 27 Juni 2011.

“Pemerintah Akui Sulit Menekan Serbuan Barang dari Cina”,

http://nasional.kontan.co.id/v2/read/nasional/55819; diakses 7 Januari 2011.

“Penyebab Daya Saing Ekonomi Indonesia Rendah”, http://www.nimbuzzfrend.co.cc/2010/12; diakses 23 Juni 2011.

“Perdagangan Indonesia – Cina”, www.Kompas.com; diakses 17 Februari 2011.

“Standarisasi Produk UKM”, http://pupukm.blogspot.com/2010/10/; diakses 17 Februari 2011.

Tumar Sumihardjo, “Konsep Daya Saing”, www.sambasalim.com; diakses 16 Maret 2011.

“Wapres, SNI Topang Daya Saing UMKM”, www.bataviase.co.id; diakses 22 Februari 2011.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.