KAJIAN EVALUASI DAMPAK PENGHAPUSAN KEBIJAKAN “HOLD HARMLESS” DALAM ALOKASI DAU: PENDEKATAN MODEL SYSTEM DYNAMICS

Joko Tri Haryanto, Budhi Purwandaya
| Abstract views: 637 | views: 318

Abstract

Pelaksanaan kebijakan otonomi daerah telah mengubah Indonesia dari negara terpusat menjadi negara yang terdesentralisasi. Adapun implikasi langsung dari kebijakan ini adalah kebutuhan dana untuk membiayai pelaksanaan fungsi yang telah menjadi kewenangan daerah. Untuk membantu daerah dalam mendanai berbagai urusan dan yang telah didelegasikan kewenangan, pemerintah pusat menerapkan prinsip transfer ke daerah sesuai dengan kewenangan dan fungsi termasuk alokasi Dana Alokasi Umum (DAU). Dalam kebijakan DAU, pemerintah kemudian melakukan kebijakan hold harmless, di mana alokasi DAU tidak akan berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kebijakan itu kemudian dianggap negatif bagi proses perhitungan formula DAU. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi penghapusan kebijakan hold harmless sejak tahun 2008. Dengan menggunakan system dynamics, secara umum penghapusan kebijakan hold harmless akan memberikan kinerja pemerataan fiskal yang lebih baik. Namun demikian, kriteria pemilihan atau penetapan penyetaraan fiskal antardaerah perlu dibuat lebih objektif sesuai dengan tujuan awal alokasi DAU untuk menghindari kesalahan dalam menilai persepsi ekuitas antardaerah. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa dengan mempertimbangkan pemerataan fiskal yang lebih baik, pelaksanaan penghapusan kebijakan hold harmless perlu dipertahankan. Penghapusan kebijakan ini juga pembelajaran untuk semua pemangku kepentingan untuk lebih berpikiran nasional (tidak hanya peduli dengan daerah masing-masing), serta upaya untuk meningkatkan kemandirian daerah, terutama daerah dengan kapasitas fiskal potensi tinggi.

Keywords

hold harmless; system dynamics; DAU; kapasitas fiskal; transfer ke daerah; kewenangan daerah

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Aminullah, E. dan Soesilo, Budhy. (2011). Analisis sistem dinamis. Jakarta: UMJ Press.

Bird, R. M. dan Francois, V. (2012). Desentralisasi fiskal di negara-negara berkembang (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Coyle, R. G. (1996). System dynamics modelling, a practical approach. London: Chapman & Hall.

Jhingan, M. L. (2003). Ekonomi pembangunan dan perencanaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemenkeu. (2005). Tinjauan Pelaksanaan Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah Tahun 2004-2005. (2005) Jakarta: Kementerian Keuangan.

Kuncoro, M. (2010). Ekonomi pembangunan: Teori, masalah dan kebijakan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Randers, J. (1980). Guidelines for model conceptualization. In Randers, J. (ed.). Elements of the system dynamics method. Cambridge, MA: MIT Press.

Sidik, M. (2004). Perimbangan keuangan pusat dan daerah: Antara teori dan aplikasinya di Indonesia. Bunga Rampai Desentralisasi Fiskal. Jakarta: PKPD Jakarta.

Jurnal dan Working Paper:

Forrester, J. (1971). Industrial dynamics after the first decade. Management Science, 14(7), 398-415.

Lyneis, J. M. (2000). System dynamics for business strategy: A phased approach. System Dynamics Review, 15(1), 1-34.

Lyneis, J. M. (2000). System dynamics for market forecasting and structural analysis. System Dynamic Review, 16(1), 3-25.

Oates, W. (1999). An essay on fiscal federalism. Journal of Economic Literature, 37(3), 1.120-1.149.

Vazquez, J. M. and McNabb, R. M. (2011). Fiscal decentralization, macrostability and growth. Economics Department and International Studies Program. Working Paper. Andrew Young School of Policy Studies, Georgia State University.

Vazquez, J. M. and Rider, M. (2006). Fiscal decentralization and economic growth. A comparative study of China and India. Indian Journal of Economic & Bussiness, 3(1), 45-46.

Makalah:

Mayo, D. D. and Wichman, K. E. (2003). Tutorial on business and market modelling to aid strategic decision making: System dynamic in perspective and selecting appropriate analysis approaches. In Proceeding of the 2003 Winter Simulation

Conference, Chick, S., Sanchez, P. J., Ferrin, D., and Morrice, D. J., (eds.). New Jersey: Institute of Electrical and Electronic Engineers.

Mayo, D. D., Chick, S., Sanchez, P. J., Ferrin, D., and Morrice, D. J. (2003). Steering strategic decisions at london underground: Evaluating management options with system dynamics. In Proceeding of the 2003 Winter Simulation Conference, New Jersey: Institute of Electrical and Electronic Engineers.

Tesis:

Faisal. (2002). Fiscal decentralization and economic growth at provincial level in Indonesia 1995-1999. Mini thesis, Georgia State University.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.