PERKEMBANGAN DAN RENCANA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR FISIK DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRI DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Achmad Sani Alhusain
| Abstract views: 773 | views: 1899

Abstract

Salah satu keterlibatan pemerintah baik pusat maupun daerah dalam pengembangan sektor industri, yaitu membangun infrastruktur fisik. Pembangunan ini mempunyai andil besar dalam upaya meningkatkan produktivitas dan mendorong minat investor sektor industri untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan infrastruktur fisik yang ada, rencana pembangunan, dan kendala yang dihadapi dalam membangun infrastruktur fisik di Provinsi Sumatera Utara. Untuk menjawab tujuan tersebut maka digunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan informasi melalui wawancara dan literatur. Hasil yang diperoleh adalah infrastruktur fisik (jalan non tol dan tol, jalan kereta api, pelabuhan, bandar udara, energi listrik) yang dimiliki Provinsi Sumatera Utara belum dapat memenuhi kebutuhan sektor industri. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah memiliki rencana pembangunan infrastruktur dan sebagian sedang dalam proses pembangunan. Namun demikian dalam rangka mewujudkan pembangunan tersebut masih menghadapi kendala keterbatasan pembiayaan, kendala penyediaan lahan, dan kendala koordinasi antar pemerintah daerah. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah perlu mengefektifkan program kemitraan dengan merangkul pihak swasta untuk pendanaan pembangunan infrastruktur, perlu melakukan sosialisasi yang intensif kepada masyarakat akan manfaat dari pembangunan ini dan yang terpenting adalah melakukan koordinasi antar pemerintah daerah agar tujuan pembangunan dapat terlaksana dengan lancar.

Keywords

infrastruktur; sektor industri

Full Text:

Untitled

References

Buku:

BPS. Sumatera Utara Dalam Angka 2011. Medan: Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara, 2010.

Grigg, Neil. Infrastructure Engineering and Management. New York: John Wiley and Sons, 1988.

Kodoatie, Robert J. Pengantar Manajemen Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Marwan, Ja’far. Infratruktur Pro rakyat: Strategi Investasi Infratruktur Indonesia Abad 21. Pustaka Tokoh Bangsa, 2007.

Working Paper:

Chulanova, Zaure. “Poverty Reduction in Developing Countries via Infrastructure Development and Economic Growth: Mutual Impact in Kazakhstan”. ADB Institute Discussion Paper No. 62, 2007.

Makalah:

Grigg, Neil, & Fontane G. Darrel. Infrastructure System Management & Optimization. Internasional Seminar “Paradigm & Strategy of Infrastructure Management” Civil Engeenering Departement Dipononegoro University, 2000.

Artikel:

“BAB 18 Daya Saing Industri Manufaktur hal 1-2”. (www.bappenas.go.id/get-file-server/node/8418/, diakses 12 Maret 2010).

“Isu Pengembangan Infrastruktur”. (http://abdulhamid.files.wordpress.com/.../isu_pengembangan_infrastruktur.doc, diakses 16 Mei 2011).

“Kadin akan Dorong Percepatan Realisasi Pembangunan Infrastruktur”. (http://www.investor.co.id/infrastructure/kadin-akan-dorong-percepatan-realisasi-pembangunan-infrastruktur/7693, diakses 20 Mei 2011).

“Pertumbuhan Industri dalam RPJM Ditargetkan Capai 6,79%”, (www.okezon.com, diakses 10 Maret 2010)

“Rencana Infrastruktur Harus Mendetail, Seputar Indonesia”. (http://www.ptsmi.co.id/news. php?bid= 200&action=view, diakses 22 Mei 2011).

“Strategi Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sesuai Perda No.8 Tahun 2009)”. (http://www.sumutprov.go.id/ongkam.php?me=strategi, diakses 9 Juli 2011).

“Musrenbang Sumut Diminta Utamakan Infrastruktur”. (http://www.starberita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=25117:musrenbang-sumut-diminta-utamakan-infrastruktur&catid=99:politik&Itemid=419, diakses 11 Juli 2011).

Peraturan:

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.