STRATEGI PENGEMBANGAN MEREK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH

Yuni Sudarwati, Venti Eka Satya
| Abstract views: 878 | views: 1354

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah terbukti mampu bertahan pada masa krisis ekonomi nasional tahun 2009. UMKM bahkan mampu menyediakan lapangan pekerjaan, barang-barang murah, dan melahirkan wirausaha-wirausaha baru. Perkembangan UMKM mengalami beberapa masalah salah satunya adalah masalah pemasaran khususnya terkait branding. Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai permasalahan yang dihadapi oleh UMKM pada saat pengembangan merek sehingga bisa mendapatkan masukan untuk proses pengembangannya. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa UMKM memang harus melakukan branding sehingga memiliki keunggulan kompetitif untuk bisa bersaing di pasar global.

Keywords

strategi branding; hambatan merek UMKM; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Marbun, B. N. Manajemen Perusahaan Kecil Aplikasi di Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2011.

Permana, Irvan. Brand is Like a Donut. Jakarta: BIP, 2012.

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Susanto, A.B. dan Wijanarko, Himawan. Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen, 2004.

Tjiptono, Fandy. Brand Management & Strategy. Jakarta: ANDI, 2005.

Artikel dalam Jurnal, Working Paper, Majalah, dan Surat Kabar:

Abimbola, T. “Branding as a Competitive Strategy for Demand Management in SMEs”. Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship. 4 (2). 2001.

Ahonen, M. “Branding-Does It Even Exist Among SMEs?”. Proceedings of The 16th Nordic Conference on Small Business Research. 2008. (http://www.oulu.fi/cobra/papers/Artikkelit%20konferensseissa/Branding%20%20does%20it%20even%20exist%20among%20SMEs.pdf, diakses 21 September 2012).

Churcchill, N. C. and Lewis, V. L. “The Five Stages of Small Business Growth”. Harvard Business Review. May-June 1983.

Krake, F. B. G. J. M. “Successful Brand Management in SMEs: A New Theory and Practical Hints”. 2005. dalam Huakuai Huang dan Ying Lai The “Brand Management Problem in SMEs”. Master Thesis. Faculty of Education and Economic Studies. Department of Business and Economic Studies. University of Gavle. 2011.

Niemila, T. “The Component of Corporate Brand Equity in SMEs Case EHP-Tekniikka Ltd.”. Master Thesis. Departement of Marketing, Faculty of Economic and Business Administration University of Oulu. 2009.

Rafinaldy, N. “Prospek Pengembangan Ekspor UKM”. Infokop Nomor 25 Tahun XX. 2004.

Wong, H.Y. dan Merrilees, B. “A Brand Orientation Typology for SMEs: a Case Research Approach”, Journal of Product & Brand Management, 14(3). 2005.

Artikel dalam Internet:

“5 UKM Indonesia dengan Jangkauan Global”. (http://www.indonesiaberprestasi.web.id/pembangunan-bangsa/headline/5-ukm-indonesia-dengan-jangkauan-global/, diakses 15 April 2013).

DJHKI, “Memahami Merek”. (www.dgib.go.id, diakses 5 Februari 2013).

“Keragaman Definisi UKM di Indonesia”. (http://infoukm.wordpress.com/2008/08/11/keragaman-definisi-ukm-di-indonesia/, diakses 5 Februari 2013).

Wilopo, T. H. “Membangun Merek untuk Usaha Kecil Menengah”.(http://rahma-qq-comp.blogspot.com/2010/04/membangun-merek-untuk-usaha-kecil.html, diakses 5 Februari 2013).

Tulisan dalam Koran:

“Popularitas Merek Kunci Penjualan”. Kompas, 25 Januari 2013.

“Sukses Naik Kelas”. Bisnis Indonesia, 2 Agustus 2013.

Dokumen:

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.