Bibit Nasionalisme di Kalangan Penduduk Tionghoa di Indonesia

Retnaningtyas Dwi Hapsari
| Abstract views: 437 | views: 779

Abstract

Tulisan naratif ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara reformasi pendidikan pada masa Hindia Belanda terhadap orientasi nasionalisme penduduk Tionghoa. Pembahasannya meliputi pelopor pergerakan, dampak reformasi pendidikan, dan peran komunitas Tionghoa dalam upaya kemerdekaan. Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang peristiwa yang telah lama terjadi, yang menggunakan metode sejarah, bertumpu pada empat hal yaitu, heuristik, kritik, intepretasi, dan historiografi. Adanya diskriminasi pendidikan yang dilakukan pemerintah Hindia Belanda membuat pendirian sekolah Tionghoa secara mandiri yang diprakasi oleh sebuah organisasi. Jalinan kerjasama antara sekolah ini dengan negeri China menimbulkan kecurigaan tentang orientasi nasionalisme penduduk Tionghoa. Dualisme nasionalisme terjadi di dalam tubuh penduduk Tionghoa, adanya yang memihak kepada negeri China, adanya tetap setia kepada Belanda, tetapi ada pula yang memihak ke Indonesia. Perpecahan ini membuat penduduk Tionghoa sulit untuk dapat membuat suatu kesepakatan baik dalam bidang pendidikan maupun politik.

Keywords

reformasi pendidikan; nasionalisme; diskriminasi; penduduk Tionghoa; educational reform; nationalism; ethnic discrimination; Chinese minority; Indonesia; China.

References

Buku

Carey, Peter, Orang Tionghoa, Bandar Tol, Candu, dan Perang Jawa: Perubahan Persepsi Tentang Tionghoa 1755-1825, Jakarta: Komunitas Bambu, 2008.

Creutzberg, Pieter dan J.T.M Van Laanen, Sejarah Statistik Ekonomi Indonesia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1987.

Hidayat, Komaruddin dan Putut Widjanarko, Reinventing Indonesia: Menemukan Kembali Masa Depan Bangsa, Jakarta: Mizan, 2008.

Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt, Sosiologi Jilid 1, terjemahan Aminuddin Ram dan Tita Sobari, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1984.

Irianto, Sulistyowati, Perempuan dan Hukum: Menuju Hukum yang Berperspektif Kesetaraan dan Keadilan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.

Joe, Liem Thian, Riwayat Semarang, Jakarta: Hasta Wahana, 2004.

Joseph Stockdale, John, Eksostisme Jawa,Yogyakarta: Progresif Book, 2010.

Kasmadi, Hartono dan Wiyono, Sejarah Sosial Kota Semarang 1900-1950, Jakarta: Dept. Pendidikan dan Kebudayaan, 1985.

Katodirdjo, Sartono, Memori Serah Jabatan 1921-1930: Jawa Tengah, Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia, 1977.

Lohanda, Mona, dkk, Peranakan Tionghoa Indonesia: Sebuah Perjalanan Budaya, Jakarta: Gramedia, 2008.

Lan, Nio Joe, Riwajat 40 Taon dari Tiong Hoa Hwe Koan Batavia, Batavia: Tiong Hoa Hwe Koan, 1940.

Robinson, Philip, Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 1986.

Setiono, Benny G, Tionghoa Dalam Pusaran Politik, Jakarta: Elkasa, 2003.

Smith, Anthony D, Nasionalisme: Teori, Ideologi, Sejarah, Jakarta: Penerbtit Erlangga, 2002.

Soyomukti, Nurani, Soekarno dan Tionghoa, Yogyakarta: Garasi, 2012.

Stevens, Th,Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764-1962, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2004.

Sudibyo, Agus, Politik Media dan Pertarungan Wacana, Yogyakarta: LKIS, 2001.

Suhandinata, Justian, WNI Keturunan Tionghoa Dalam Stabilitas Ekonomi dan Politik Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2009.

Suryadinata, Leo, Tokoh Tionghoa dan Identitas Indonesia; Dari Tjoe Bou San Sampai Yap Thiam Hiem, Jakarta: Komunitas Bambu, 2010.

Van den Berg, L.W.C, Handramaut dan Koloni Arab di Nusantara , Jakarta: INIS, 1989.

Van Niel, Robert, Munculnya Elit Modern Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, 1984.

Yahya, Yunus, Peranakan Idealis: Dari Lie Eng Hok Sampai Teguh Karya, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2003.

Zein, Abdul Baqir, Etnis Tionghoa dalam Potret Pembauran di Indonesia, Jakarta: Prestasi Insan Indonesia, 2000.

Arsip

“Regeerings Almanak 1930”, Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Regeerings Almanak 1940”, Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Volkstelling 1930”, Arsip Nasioanl Republik Indonesia.

Copyright (c) 2018 Jurnal Politica
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.