PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI TENAGA KERJA DAN ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) DALAM MENGELOMPOKKAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI BERBAGAI PROVINSI

Edmira Rivani
| Abstract views: 2268 | views: 1095

Abstract

Struktur perekonomian suatu negara antara lain tercermin dari struktur ketenagakerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur ekonomi dan pergeseran peranan sektor ekonomi terutama dalam penyerapan tenaga kerja. Penyerapan tenaga kerja sektor pertanian lebih besar dibandingkan dengan sektor industri namun tenaga kerja yang terserap ke sektor pertanian semakin berkurang sedangkan penyerapan tenaga kerja sektor industri semakin bertambah selama tahun 2010-2013. Dalam penelitian ini digunakan alat analisis Multidimensional Scaling (MDS) yang merupakan suatu teknik untuk menggali informasi tentang suatu kemiripan (similarity) sehingga terlihat kemampuan masing-masing sektor ekonomi dalam menyerap tenaga. Hasil analisis MDS menunjukkan bahwa sektor pertanian merupakan sektor ekonomi yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kepulauan Babel, Bengkulu, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua, sedangkan manufaktur adalah sektor ekonomi yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Berdasarkan jumlah tenaga kerja di sektor pertanian yang menurun dapat disimpulkan hal tersebut merupakan sinyal kemajuan pembangunan, yang didukung dengan jumlah tenaga kerja di sektor industri dan jasa yang meningkat, serta tren pengangguran menurun selama beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Keywords

sektor ekonomi; penyerapan tenaga kerja; analisis Multidimensional Scaling (MDS)

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Djojohadikusumo, Sumitro. Perkembangan Pemikiran Ekonomi-Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES, 1994.

Johnson, R. A. and Wichern, D. W. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice Hall, Inc, 2002.

Mantra, Ida Bagus. Demografi Umum, Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2000.

Todaro, Michael P. dan Smith, Stephen C. Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2006.

Jurnal:

Sitanggang, Ignatia Rohana dan Nachrowi, Djalal. “Pengaruh Struktur Ekonomi pada Penyerapan Tenaga Kerja Sektoral:

Analisis Model Demometrik di 30 Provinsi pada 9 Sektor di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 5(1), Juli 2004, hal. 103-133.

Yusnisvita. “Transformasi Struktur Ketenagakerjaan dan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan”. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(2), Desember 2011, hal. 90-99.

Makalah:

Hidayat, Amir dan Nazahara, Suahasil. “Analisis Perubahan Struktur Ekonomi (Economic Landscape) dan Kebijakan Strategi Pembangunan Jawa Timur Tahun 1994 dan 2000: AnalIsis Input Output”. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta, 2005.

International Labor Organization. “Tren Ketenagakerjaan dan Sosial di Indonesia Tahun 2013: Memperkuat Pekerjaan Layak dalam Kesetaraan Pertumbuhan”. ILO, Jakarta, 2013.

Skripsi:

Pambudi, Andi Tri. “Pergeseran Struktur Perekonomian atas Dasar Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Tengah”. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

Laporan:

Pamungkas. Adjie. “Laporan Penelitian: Aplikasi Model Multidimensional Scaling dalam Menilai Kesamaan Karateristik Ekonomi Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Timur”. Surabaya: ITS, 2004.

Sutikno. “Laporan Penelitian: Analisis Peran Sektor Ekonomi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Pada Kabupaten/Kota di Wilayah Jawa Timur”. Malang: Universitas Muhamadiyah, 2008.

Dokumen:

Badan Pusat Statistik. “Indonesia dalam Angka Tahun 2013”. Badan Pusat Statistik, Jakarta, 2013.

Badan Pusat Statistik. “Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2013”. Berita Resmi Statistik No. 35/05/Th. XVI, 6 Mei 2013.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per. 03/MEN/2010”. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Jakarta, 2010.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“Perencanaan Tenaga Kerja Nasional Tahun 2012-2013”. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta, 2011.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“Rencana Strategis Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2010-2014”. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta, 2010.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.