ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA

Suryadi Jaya Purnama, Chotib Chotib
| Abstract views: 0 | views: 0

Abstract

The government has announced a plan to move the national capital (IKN) to East Kalimantan Province and which has agreed upon at the DPR RI Plenary Meeting in early 2022. There are at least more than six main considerations why moving IKN is important to do. However, these considerations are felt to be insufficient to move the IKN from DKI Jakarta to East Kalimantan. In this regard, this paper will examine and analyze public policy aspects regarding the relocation of the national capital using a qualitative descriptive approach. Therefore, this paper does not only analyze the substance and implementation of policies but also elaborates on the responses from stakeholders. Pros and cons in preparing, building, and relocating the capital, especially in terms of financing/funding and what the economic implications, including potential failure, socio-ecological impact, and lessons learned from several countries. The author classifies the driving factors and inhibiting factors. As a large and important public project, the development and transfer of the IKN has the potential for strategic economic aspects through the realization of an economic transformation and Indonesia-centric, that will give birth to economic diversification and multiplier effects. However, a large economic potential must still consider sociological aspects, geographical aspects, and geopolitical aspects, which must be carried out in anticipation of risks that may arise as a follow up impact.

Keywords: national capital city, population density, APBN, economic-socio-cultural-ecological impact and risk anticipation

Abstrak
Pemerintah telah mencanangkan rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur dan telah disepakati dalam Rapat Paripurna DPR RI pada awal Tahun 2022. Setidaknya terdapat lebih dari 6 pertimbangan utama mengapa pemindahan IKN penting untuk dilakukan. Namun pertimbangan tersebut dirasakan belum cukup untuk memindahkan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Berkaitan dengan hal tersebut, tulisan ini akan mengkaji dan menganalisis aspek-aspek kebijakan publik mengenai pemindahan ibu kota negara dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, tulisan ini bukan hanya menganalisis substansi dan implementasi kebijakan saja, tetapi juga mengelaborasi tanggapan dari para pemangku kepentingan. Pro dan kontra dalam persiapan, pembangunan dan pemindahan ibu kota terutama dalam hal pembiayaan/pendanaan serta bagaimana implikasi ekonominya, termasuk potensi kegagalan, dampak sosial-ekologis, dan pembelajaran dari beberapa negara. Penulis mengelompokkan dalam faktor pendorong dan faktor penghambat. Sebagai proyek publik besar dan penting, pembangunan dan pemindahan IKN memiliki potensi aspek ekonomi yang strategis melalui terwujudnya transformasi ekonomi dan Indonesia sentris yang akan melahirkan diversifikasi ekonomi dan multiplier effect. Namun demikian, potensi ekonomi yang besar harus tetap mempertimbangkan aspek sosiologis, aspek geografis, dan aspek geopolitik yang harus dilakukan antisipasi risiko yang mungkin muncul sebagai dampak susulan.

Kata kunci: ibu kota negara, kepadatan penduduk, APBN, dampak ekonomi-sosial-budaya-ekologi dan antisipasi risiko

Keywords

national capital city; population density; APBN; economic-socio-cultural-ecological impact and risk anticipation; ibu kota negara; kepadatan penduduk; dampak ekonomi-sosial-budaya-ekologi dan antisipasi risiko

Full Text:

PDF

References

Buku:

Arsil, F. (2022). Problematika Regulasi UU Ibu Kota Negara: Gagasan Memperkuat Checks and Balances dan Partisipasi Publik dalam “Ibu Kota Nusantara: Strategi Menuju Indonesia Baru?” PT Publica Indonesia Utama.

Bappenas. 2019. “Kajian Konsolidasi: Penentuan Lokasi Pemindahan Ibu Kota Negara.” Dokumen tidak diterbitkan.

Doxiadis, C.A. (1968). Ekistics: An introduction to the Science of HumanSettlements. London: Oxford University Press.

Dye, T.R. (1976). Policy Analysis: What Governments Do, Why They Do it, and What Difference it Makes. Tuscaloosa, AL: University of Alabama Press.

Illmann, Erik. Reasons for Relocating Capital Cities and Their Implications. Prague, 2015. 69 pages. Bachelor Thesis (Bc.) Charles University, Faculty of Social Sciences, Institute of Political Studies. Department of Political Science.Supervisor of the Thesis PhDr. Michael Romancov, Ph.D.

Mauleny, AT. (2022a). Urgensi Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur dalam “Ibu Kota Nusantara: Strategi Menuju Indonesia Baru?” PT Publica Indonesia Utama.

Mauleny, AT. (2022b). Skema Pembiayaan/Pendanaan IKN Nusantara dalam “Ibu Kota Nusantara: Strategi Menuju Indonesia Baru?” PT Publica Indonesia Utama.

Weimer, D. L & Vining, A. R (2011). Policy analysis: Concepts and Practice. Boston : Longman.

Jurnal:

Deborah, P. (1985). Capital Relocation in Africaidee of Lilongwe in Malawi. The Geographical Journal, Vol. 151 (2), 182-196.

Gilbert, A. (1989). Moving the capital of Argentina: A further example of utopian planning? Cities, 6, 234-242.

Hoyle, B.S. (1979), African Socialism And Urban Development: The Relocation Of The Tanzanian Capital. Tijdschrift voor economische en sociale geografie, 70, 207-216.

Kearns, K. (1973): Belmopan: Perspective on a New Capital.

Geographical Review, 63:2, 147-169.

Ishenda, D.K. & Guoqing, S. (2019), Determinants in Relocation of Capital Cities. Journal of Public Administration and Governance, ’ol. 9(4), 200-220.

Nwafor J.C. (1980). The relocation of Nigeria’s Federal Capital: A device for greaterideial integration and national unity. GeoJournal, vol. 4 (4), 359-366.

Stephenson G. V. (1970). Two Newly Created Capitals: Islamabad and Brasilia. Town Planning Review, Vol. 41 (4).

Sumber Digital:

Amos, J (2020, April 23), Kalimantan Timur: Ilmuwan temukan risiko tsunami dekat calon ibu kota baru Indonesia. Diperoleh tanggal 10 September 2022.

BPS, (2020). Badan Pusat Statistik. Data diakses 29 November 2022.

CNN Indonesia (2019, Agustus 30), BNPB: Ada Potensi Banjir dan Tsunami di Ibu Kota Baru. Diperoleh tanggal 10 September 2022, dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190830184213-20-426226/bnpb-ada potensi-banjir-dan-tsunami-di-ibu-kota-baru.

ide. & Frigo G. (2020, April 14), Lessons from Brasilia: on the empty modernity of Indonesia’s new capital. https://www.newmandala.org/lessons-from-brasilia-on-the-empty-modernity of-indonesias-new-capital/.

Dian Mayasari, Ibu Kota Negara Baru: Integrasi Infrastruktur dan Kelestarian Alam, (2022). https://kpbu.kemenkeu.go.id/read/1150-1404/umum/kajian-opini-publik/ibu-kota-negara baru-integrasi-infrastruktur-dan-kelestarian alam.

Oktaviant, Herlina. (2022). Gelaran Pembahasan Kelompok Kerja Infrastruktur (Infrastruktur Working Group) Forum G20 Resmi Dimulai. http://kpbu.kemenkeu.go.id/read/1135-1308/umum/kajian-opini-publik/gelaran-pembahasan kelompok-kerja-infrastruktur-infrastructure working-group-forum-g20-resmi-dimulai, diakses 1 November 2022.

Rendy A. Diningrat. 2019. “Menggugat Logika Pemerintah Memindahkan Ibu Kota Negara.” theconversation.com 28 Agustus 2019, diakses 29 November 2022.

Satria A.I (2021, Agustus 30), The Absence of Regulations and Civil Servants Buy-in Policy in Indonesia’s Move to a New Capital. https://stratsea.com/the-absence-of-regulations-and civil-servants-buy-in-policy-in-indonesias-move to-a-new-capital/.

Tim Peneliti INDEF, Tantangan Persoalan Ekonomi Sosial dan Pemerintahan Ibu Kota Baru (2019, Agustus 23) https://indef.or.id/update/detail/tantangan-persoalan-ekonomi-sosial-dan pemerintahan-ibu-kota-baru.

Vernando, Zaki. 2022. “Skema KPBU, Apa Perannya dalam Mendukung Pembangunan IKN?” https://kpbu.kemenkeu.go.id/read/1142-1364/umum/orang-juga-bertanya/skema-kpbu-apa perannya-dalam-mendukung-pembangunan ikn, diakses pada 29 November 2022.

Sumber Lain:

UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Nusantara. Lembaran Negara RI Tahun 2022 Nomor 41. Sekretariat Negara. Jakarta.

Lampiran 2 dari UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara mengenai Rencana Induk.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran dalam rangka Persiapan, pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara serta Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Rukmana, D. (2021, Mei 11), Pemindahan Ibukota Negara. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-391-749-20200706213210.pdf.

Dirjen Strahan Kemhan, “Konsep Pertahanan Ibu Kota Negara”, Jakarta, 13 Januari 2022. Laporan Pengumpulan Data “Aspek politik dan pertahanan keamanan. Rencana Pemindahan Ibukota negara”, FISIP, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 7 November 2019.

“Pemindahan IKN Upaya Pemerintah Lakukan Transformasi Ekonomi”, Berita Pembangunan, (https://www.bappenas.go.id/id/berita/pemindahan-ikn-upaya-pemerintah-lakukan transformasi-ekonomi-PLGmo). 7 Juli 2022.

“Bappenas Paparkan Hasil Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan. (https://dpmpd.kaltimprov.go.id/artikel/bappenas-paparkan hasil-kajian-pemindahan-ibu-kota-negara-ke kalimantan). 21 Agustus 2019.

“Fraksi PKS Tolak Tetapkan RUU IKN Jadi UU”, https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/37044/t/Fraksi+PKS+Tolak+Tetapkan+RUU+IKN+jadi+UU, diakses 7 November 2022.

“Akademisi Kritik Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota.” https://www.cnbcindonesia.com/news/20190826105438-8-94547/akademisi kritik-rencana-jokowi-pindahkan-ibu-kota, data diakses 29 November 2022.

“Ekonom Pertanyakan Urgensi Pemerintah Pindahkan Ibu Kota Saat Pandemi.” https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211209193409-532-732173/ekonom pertanyakan-urgensi-pemerintah-pindahkan ibu-kota-saat-pandemi, diakses 7 November 2022.

“Emil Salim Khawatirkan Pemindahan Ibu Kota Hilangkan Nilai Historis Negara.” https://nasional.kontan.co.id/news/emil-salim khawatirkan-pemindahan-ibu-kota-hilangkan nilai-historis-negara, diakses 7 November 2022.

“Bangun 12 Kawasan Ekonomi Khusus, RI Tarik Investasi Rp 221 T” https://www.liputan6.com/bisnis/read/3135095/bangun-12-kawasan ekonomi-khusus-ri-tarik-investasi-rp-221-t, diakses 29 November 2022.

“Konflik Massal Kalimantan Timur Lebih Tinggi Dibandingkan Wilayah Kalimantan Lainnya” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/27/konflik-massal kalimantan-timur-lebih-tinggi-dibandingkan wilayah-kalimantan-lainnya, diakses 29 November 2022.

“(Revisi) Perbandingan PDRB per kapita di Pulau Jawa, Ini Provinsi Terendah pada 2021”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/28/revisi-perbandingan pdrb-per-kapita-di-pulau-jawa-ini-provinsi terendah-pada-2021, diakses 29 November 2022.

“BPS Catat Pulau Jawa Sumbang PDB Terbesar”, https://www.infoindonesia.id/read/2022/02/07/12501/bps-catat-pulau-jawa sumbang-pdb-terbesar, diakses 29 November 2022.

“Ibu Kota Negara Pindah ke Wilayah Penajam Pasir Utara dan Kutai Kartanegara”, https://www.kominfo.go.id/content/detail/20899/ibu-kota negara-pindah-ke-wilayah-penajam-pasir-utara dan-kutai-kartanegara/0/berita, diakses 29 November 2022.

“BMKG Ungkap Adanya 3 Sesar Sumber Gempa di Kalimantan Timur”, https://www.kompas.com/tren/read/2019/08/24/155553865/bmkg-ungkap-adanya-3-sesar-sumber-gempa di-kalimantan-timur?page=all, diakses 29 November 2022.

“Pemprov DKI alokasikan Rp8,5 triliun untuk atasi macet, separuhnya untuk subsidi transjakarta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/08/20575771/pemprov dki-anggarkan-rp-85-triliun-untuk-atasi-macet separuhnya-untuk, diakses 29 November 2022.

“Pemindahan Ibu Kota Negara dalam Tinjauan Geografi Pertahanan”, https://politik.brin.go.id/kolom/pemilu-partai-politik-otonomi-daerah/pemindahan-ibu-kota-negara-dalam-tinjauan geografi-pertahanan/, diakses 29 November 2022.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.