ANALISIS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN LOMBOK UTARA (STUDI KASUS PERENCANAAN PARTISIPATIF TAHUN 2009-2013)

Masjudin Ashari, . Wahyunadi, . Hailuddin
| Abstract views: 2266 | views: 12154

Abstract

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu daerah sebab APBD menggambarkan prioritas dan arah kebijakan pemerintahan dalam satu tahun anggaran yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. Untuk itu, kepentingan rakyat harus menjadi prioritas utama dalam penganggarannya sesuai kondisi problematika daerahnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses perencanaan partisipatif dan bagaimana penyerapan partisipasi masyarakat pada APBD Kabupaten Lombok Utara tahun 2009-2013 serta faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penyerapan partisipasi masyarakat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan paradigma interpretatif dengan pendekatan fenomenologi, sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses partisipatif yang melibatkan masyarakat hanya terjadi pada tahap penyelidikan, perumusan masalah, identifikasi daya dukung, dan perumusan tujuan, tidak pada tahap penetapan langkah-langkah rinci dan perancangan anggaran. Tingkat penyerapan partisipasi masyarakat pada APBD Kabupaten Lombok Utara tahun 2009-2013 adalah sangat baik dengan tingkat serapan anggaran rata-rata dalam 5 tahun terhadap belanja langsung 5 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) adalah sebesar 50,36 persen. Faktor yang memengaruhi tingkat penyerapan partisipasi tersebut adalah (1) ketersediaan anggaran, (2) kepentingan politik, (3) kualitas usulan, dan (4) tingkat kepentingan (urgensi).

Keywords

perencanaan partisipatif; penyerapan partisipasi masyarakat; APBD

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Abe, A. (2002). Perencanaan daerah partisipatif.Solo: Pondok Edukasi.

Adisasmita, R. (2006). Pembangunan perdesaan dan perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Abidin, S. Z. (2008). Strategi kebijakan dalam pembangunan dan ekonomi politik. Jakarta: Suara Bebas.

Adi, I. R. (2008). Intervensi komunitas: Pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat (cet. Ke-1). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ali, M. (2007). Orang desa: Anak tiri perubahan. Malang: Averroes Press.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Utara. Musyawarah rencana pembangunan Kabupaten Lombok Utara. Lombok Utara: Badan Perencanaan

Pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Utara.

Conyers, D. (1994). Suatu pengantar: Perencanaan sosial di dunia ketiga. (3rd ed.). (Susetiawan, Terjemahan). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lombok Utara. Laporan keuangan pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Lombok Utara. Lombok Utara: Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lombok Utara.

Firman, M. S. (1997). Pengantar metode penelitian kualitatif. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Padang.

Gajayanake, Stanley and Gajayanake, J. (1996). Community empowerment. Dekalb, Illionis: Nothern Illionis University.

Hadi, S. (2005). Dimensi lingkungan perencanaan pembangunan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Moloeng, L. J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakrya.

Nasution, S. (1992). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito.

Slamet, M. (2003). Membentuk pola perilaku manusia pembangunan. Bogor: IPB Press

Suharto, E. (2006). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat: Kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial (edisi Ke-2). Bandung: Refika Aditama.

Yin, R. K. (1997). Studi kasus (desain dan metode). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tesis:

Salman, M. (2008). Analisis penyerapan aspirasi masyarakat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2008. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Wibowo, A. H. (2009). Analisis perencanaan partisipatif (Studi kasus di Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang). Tesis. Program Studi Magister Ilmu Administrasi, Universitas

Diponegoro, Semarang.

Artikel:

Saladien. (2006). Rancangan penelitian kualitatif. modul metodologi penelitian kualitatif. disampaikan pada pelatihan metodologi penelitian kualitatif. Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya, 6-7 Desember.

Nazaruddin. (2005). Memahami APBD dengan benar, Bagaimana pelaksanaanya oleh pemerintah daerah. E-parlemen DIY.

Fadil, F. (2013). Partisipasi masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan di Kelurahan Kotabaru Tengah. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, 2(2), Juli-Desember

Assauri, S. (2003). Customer service yang baik landasan pencapaian customer satisfaction. Usahawan. No. 01, Tahun XXXII, Januari, hal 25-30.

Sumber Digital:

Amiruddin. (2003). Draf tatib pilgub yang kompromistis, (online). Diperoleh tanggal 30 Juli 2014, dari http://www.suaramerdeka.com/harian/0303/29/kha2.htm.

Cahyono, B. Y. (2006). Metode pendekatan sosial dalam pembangunan partisipatif. Diperoleh tanggal 02 Agustus 2014, dari lppm.petra.ac.id/ppm/COP/download.

Marbyanto, E. (2008). Masalah dalam perencanaan: Refleksi singkat untuk kasus perencanaan dan penganggaran di Kalimantan Timur. Diperoleh tanggal 30 Juli 2014, dari http://edy-marbyanto.blogspot.com/2008/07/masalah-dalamperencanaan.html.

Rahayu, A. B. M. G. (2008). Pembangunan perekonomian nasional melalui pemberdayaan masyarakat desa. Diperoleh tanggal 30 Juli 2014, dari http//www.binaswadaya.org /files/

Pemberdayaan-masyarakat-desa.pdf.

Sumber lain:

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.