Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Metode Pembayaran Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Transportasi Online

Siti Jamilah, Adhitya Setiawan Arya Marsudi, Waryun Waryun
| Abstract views: 0 | views: 0

Abstract

People's interest in using online transportation is influenced by various factors. The aim of this research is to determine the influence of several factors on people's interest in using online transportation during the Covid-19 pandemic era. The factors in this paper include price variables, promotions, and payment methods. This paper uses the multiple linear regression method to achieve this goal. The data used is primary data where the data is obtained through distributing questionnaires to respondents. Sampling as respondents used the random sampling method. The sampling location was South Tangerang City, Banten Province. This study found that price and promotion variables positively and significantly influence the variable of people's interest in using online transportation. However, other independent variables, namely the payment method variable, do not significantly influence the variable of people's interest in using online transportation. So that online transportation can perform its activities optimally, the government needs to make clear legal regulations for online transportation companies, workers (drivers), and transportation users.


Abstrak

Minat masyarakat menggunakan transportasi online dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari beberapa faktor terhadap minat masyarakat menggunakan transportasi online selama era pandemi Covid-19. Faktor-faktor dalam tulisan ini meliputi variabel harga, promosi, dan metode pembayaran. Tulisan ini menggunakan metode regresi linier berganda untuk mencapai tujuan tersebut. Data yang digunakan adalah data primer dimana data tersebut diperoleh melalui penyebaran kuesioner ke responden. Pengambilan sampel sebagai responden menggunakan metode random sampling. Lokasi pengambilan sampel adalah Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Studi ini menemukan bahwa variabel harga dan promosi yang secara positif dan signifikan memengaruhi variabel minat masyarakat menggunakan transportasi online. Namun, variabel independen lainnya, yaitu variabel metode pembayaran, tidak signifikan memengaruhi variabel minat masyarakat menggunakan transportasi online. Agar Transportasi online bisa melakukan aktivitasnya secara maksimal, pemerintah perlu membuatkan aturan hukum yang jelas untuk perusahaan pengangkutan berbasis online, tenaga kerja (driver), dan pengguna pengangkutan.

Keywords

price; promotion; payment method; interest; harga; promosi; metode pembayaran; minat

References

Buku

Alma, B. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Creswell, J.W. & Creswell, D.J. (2012). Research design: Qualitative, quantitative, and (mixed methods approaches) (5th ed.). Sage Publications.

Fatimah, S. (2019). Pengantar transportasi. Ponorogo: Myra Publisher.

Meity, I. H. (2014). Strategi pembelajaran yang menyenangkan. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Indriantoro, N. & Supomo, B. (2013). Metodologi penelitian bisnis untuk akuntansi dan manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2016). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Principles of marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (Global Edition, ed. 15). England: Pearson Education Limited.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar pemasaran: Jilid 1 (Edisi Kesembilan). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing management (15th ed.). England: Pearson.

Kotler,P. & Keller, K.L. (2017). Manajemen Pemasaran: Jilid 2 (Edisi ketigabelas). Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2013). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Mursid, M. (2013). Manajemen pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pohan, A. (2013). Sistem pembayaran - strategi dan implementasi di Indonesia (Cet 2). Jakarta: Rajawali Pers.

Rusli, B. (2013). Kebijakan publik. Bandung. Hakim Publishing.

Silaen, S. (2018). Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Bogor: In Media.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wiratna, S.V. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis. Jakarta: Rajawali.

Winarno, B. (2016). Kebijakan publik era globalisasi: Teori, proses dan studi komparatif. Yogyakarta: CAPS.

Jurnal

Alfonsius. (2020). Pelayanan transportasi online di era new normal. Journal of Accounting & Management Innovation, 4(2), 91-100.

Aziah, A. & Adawia, P.R. (2018). Industri transportasi online di era inovasi disruptif (Studi kasus PT Gojek Indonesia). Jurnal Humaniora, 18(2), 149-156.

Fakhriyah, P. (2020). Pengaruh layanan transportasi online (gojek) terhadap perluasan lapangan kerja bagi masyarakat di Kota Cimahi. Jurnal Comm-Edu, 3(1), 34-41.

Farisi, S. & Siregar, Q.R. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.

Fauzia, A., Maryadi, F., Afriliac, P., Armandad, F., Sulistiyowatie, W., Az Zahraf, M., & Sozag, D. (2023). Pengaruh permintaan harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsuen pada transportasi online. Jurnal Jaman, 3(1), 63-72.

Febriana, H. & Intan, S.B. (2020). Pengaruh promosi go-pay terhadap keputusan pengguna aplikasi transportasi online di ruang lingkup Universitas Pamulang (Studi kasus mahasiswa prodi manajemen). Jurnal Mandiri, 4(2), 192 – 198.

Hana, N.Z., Supanto., & Mulyanto. (2019). Kebijakan pemerintah dalam mengatur transpotasi umum berbasis teknologi di era indutrialisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Hukum Transendental 2019 Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (73-92). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/11268/7.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Irawan, S.R. & Pertiwi, D. (2022). Analisis dampak kebijakan taksi online terhadap angkutan konvesional (angkutan umum). Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum (JISYAKU), 1(2), 244-256.

Istianto, B. & Maulamin, T, (2017). Kebijakan transportasi online dan konflik sosial. Jurnal Ilmu Administrasi-ASIAN, 1-38.

Kandoli, J. (2019). Analis pengaruh promosi dan kualitas layanann terhadap keputusan penggunaan taksi online gocar oleh mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA, 7(3), 3458 – 3467.

Krisdiana, S. (2018). Analisia preferensi konsumen pengguna transportasi online pada sistem pembayaran digital (Studi kasus pengguna Gojek di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 6(2), 1-16.

Leksono, R. B. & Herwin, H. (2017). Pengaruh harga dan promosi Grab terhadap brand image yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(3), 381-390.

Sarjita. (2018). Pengaruh pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Go-Jek di Daerah Istimewa Yogjakarta. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 76-92.

Telap, F.Z., Dengo, S., & Laloma A. (2019). Dampak kebijakan transportasi online (Studi Kelurahan Bumi Nyiur Kec. Wanea Kota Manado). Ejournal.unsrat, 1-9.

Tumuwe, R, Damis, M., & Mulianti, T. (2018). Pengguna ojek online di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, 21A, 1-19.

Walangitan, B.Y., Dotulong, L.O.H., & Poluan, J.G. (2022). Pengaruh diskon harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat konsumen untuk menggunakan transportasi online (Studi pada konsumen Maxim di Kota Manado). Jurnal EMBA, 10(4), 511-521.

Wulandari, W. & Widyawati, L.F. (2017). Analisis efektivitas transportasi ojek online sebagai pilihan moda transportasi di Jakarta (Studi kasus: Go-Jek Indonesia). Jurnal Planesa, 8(2), 82-90.

Sumber Digital

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Transportasi Darat. Diperoleh tanggal 07 Agustus 2024, dari https://www.bps.go.id/id/publication/2020/11/20/ddce434c92536777bf07605d/statistik-transportasi-darat-2019.html

Bayu, D.J. (2020, November 11). Grab dan Gojek, layanan transportasi online paling populer di masyarakat. Diperoleh tanggal 09 September 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/grab-dan- gojek-layanan-transportasi-online-paling-sering-digunakan-masyarakat

Burhan, F.A. (2021, Agustus 30). PPKM diperlonggar, pendapatan ojek online dan taksi meningkat. Diperoleh tanggal 10 September 2021, dari https://katadata.co.id/digital/teknologi/612cb3c8d6a81/ppkm-diperlonggar-pendapatan-ojek-online-dan-taksi-meningkat

Cinthya. (2021, Juli 23). Promosi adalah: Pengertian dari ahli, jenis, dan contohnya. Diperoleh tanggal 11 September 2021, dari https://accurate.id/marketing-manajemen/promosi-adalah/

Ibrahim, G.M. (2017, Maret 27). Polemik angkutan online, DPR: Kebijakan pemerintah harus tepat. Diperoleh tanggal 22 Juli 2023, dari https://news.detik.com/berita/d-3457683/polemik-angkutan-online-dpr-kebijakan-pemerintah-harus-tepat

Kementerian Perhubungan. (2022). Atur batas tarif ojek online kemenhub terbitkan regulasi terbaru. Diperoleh tanggal 20 Juli 2023, dari https://hubdat.dephub.go.id/id/siaran-pers/atur-batas-tarif-ojek-online-kemenhub-terbitkan-regulasi-terbaru/

Komisi V. (2020a, Juli 6). Masyarakat butuh transportasi online. Diperoleh tanggal 20 Juli 2023, dari https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/29303/t/Masyarakat+Butuh+Transportasi+%E2%80%98Online%E2%80%99

Komisi V. (2020b, Juli 6). Aplikasi transportasi online diusulkan jadi Perusahaan transportasi. Diperoleh tanggal 20 Juli 2023, dari https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/41584/t/Tarif+Transportasi+Online+Harus+Memberi+Rasa+Keadilan+Bagi+Semua+Pihak

Komisi V. (2022a, November 8). Tarif transportasi online harus memberi rasa keadilan bagi semua pihak. Diperoleh tanggal 20 Juli 2023, dari https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/41584/t/Tarif+Transportasi+Online+Harus+Memberi+Rasa+Keadilan+Bagi+Semua+Pihak

Komisi V. (2022b, Juni 15). Komisi V usulkan perubahan Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Diperoleh tanggal 22 Juli 2023, dari https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/39316/t/Komisi+V+Usulkan+Perubahan+Undang-Undang+Lalu+Lintas+Angkutan+Jalan

Hestanto. (2020, Juli 7). Bisnis transportasi online: Pengertian, tujuan, manfaat, mekanisme. Diperoleh tanggal 09 September 2021, dari https://www.hestanto.web.id/bisnis-transportasi-online/

Kurniasih, W. (2021). Biografi Nadiem Makarim: Pendiri Gojek yang menjadi menteri. Diperoleh tanggal 02 November 2021, dari https://www.gramedia.com/best-seller/biografi-nadiem- makarim/#Kesimpulan

Nugraha, D. (2019). Pengertian sistem pembayaran dan manfaatnya. Diperoleh tanggal 03 Oktober 2021, dari https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/pengertian-sistem-pembayaran/

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). OJK-PEDIA. Diperoleh tanggal 03 Oktober 2021, dari URL https://www.ojk.go.id/id/ojk-pedia/default.aspx

Shafa, P.M. & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh harga, ulasan produk, dan metode pembayaran terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online melalui aplikasi Shopee (Studi kasus pada pengguna aplikasi Shopee di Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Diperolah tanggal 15 November 2023 dari http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1540

Widyatmoko, F. (2018). Dinamika kebijakan transportasi online. Diperoleh tanggal 15 November 2023, dari https://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/article/view/570/535

Wijaya, R. (2017). Macam-macam metode pembayaran. Diperoleh tanggal 11 September 2021, dari https://www.kompasiana.com/riawijaya/5a1b1d8aa8d35e37273f9112/macam-macam-metode- pembayaran

Sumber Lain

BPS. (2020). Jumlah penduduk menurut jenis kelamin, hasil SP (September) (Jiwa), 2020. Diperoleh tanggal 09 Oktober 2021, dari https://tangselkota.bps.go.id

Permenhub No.32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Permenhub No.108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.