ANALISIS DAMPAK PENGELUARAN PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN PENGELUARAN SUBSIDI TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA

. Misdawita, A. Arini Putri Sari
| Abstract views: 3956 | views: 2049

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Indonesia bukanlah sebuah isu yang baru lagi. Kemiskinan, di samping pengangguran dan ketimpangan sosial merupakan masalah klasik yang besar dan mendasar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dampak pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, serta pengeluaran subsidi terhadap kemiskinan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode estimasi Error Corection Model (ECM) dan Ordinary Least Square (OLS). Dari penelitian ini ditemukan bahwa pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan efektif dalam mengurangi angka kemiskinan, namun tidak dengan pengeluaran pemerintah di bidang kesehatan dan subsidi akibat tidak tepat sasarannya pengguna subsidi di lapangan.

Keywords

pengeluaran pemerintah; kesehatan; pendidikan; subsidi; kemiskinan

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Komite Penanggulangan Kemiskinan Republik Indonesia. Buku Putih: Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Jakarta: Komite Penanggulangan Kemiskinan Republik Indonesia, 2002.

Mahmudi. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2007.

Prasetya, Ferry. Modul Ekonomi Publik Bagian V: Teori Pengeluaran Pemerintah. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2012.

Spencer, Milton H., and Amos, Orley M. Contemporary Economics, Edisi ke-8. New York: Worth Publishers, 1993.

Suparmoko, M. Keuangan Negara dalam Teori dan Praktik, Edisi ke-5. Yogyakarta: BPFE, 2003.

Supriadi, Dedi. Analisis Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Rosdakarya, 2002.

Artikel dalam Jurnal, Working Paper, Majalah, dan Surat Kabar:

Brata, Aloysius Gunadi. “Investasi Sektor Publik Lokal, Pembangunan Manusia, dan Kemiskinan”. Jurnal Lembaga Penelitian Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2005. tidak ada halaman.

Handoko, Rudi, dan Pandu Patriadi. “Evaluasi Kebijakan Subsidi Non-BBM”. Kajian Ekonomi dan Keuangan, vol.49, no.4, Desember 2005, hal. 42-64.

Lenggogeni, Susi et al. “Analisis Prioritas Penanggulangan Kemiskinan menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Riau”. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 2012, hal. 71-86.

Maipita, Indra, Mohd. Dan Jantan dan Nor Azam Abdul Razak. “Dampak Kebijakan Fiskal terhadap Kinerja Ekonomi dan Angka Kemiskinan di Indonesia”. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 12(4), April 2010, hal. 421-456.

Wibowo, Novianto Dwi. “Masalah Pengentasan Kemiskinan di Indonesia: Pendekatan Hipotesis Kuznet”. Buletin Pangsa, Edisi 10/IX, 2003, tidak ada halaman.

Widodo, Adi, Waridin dan Johanna Maria K. “Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pembangunan Manusia di Provinsi Jawa Tengah. Semarang”. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), Juli 2011, hal. 25-42.

Skripsi dan Tesis:

Bastias, Desi Dwi. “Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah atas pendidikan, Kesehatan, dan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1969-2009”. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang, 2010.

Erwantosi. “Analisis Efektifitas, Akuntabilitas dan Transparansi Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang”. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Andalas, Padang, 2010.

Hendra, Roy. “Determinan Kemiskinan di Propinsi Sumatera Utara”. Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Depok, 2010.

Hudaya, Dadan. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Indonesia”. Tesis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2009.

Pratidina, Mega. ”Kinerja Keuangan Pemerintah Serta Tingkat Pendidikan, Tingkat Kesehatan, dan Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2008”. Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya, Malang, 2012.

Pratiwi, Apriyan Lestari. “Persepsi Pasien Jamkesmas Rawat Inap terhadap Kualitas Pelayanan RSCM dengan Metode Servqual”. Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Depok, 2010.

Sari, Ayula C. D. M. ”Pengaruh Kepemilikan Aset, Pendidikan, Pekerjaan, dan Jumlah Tanggungan Terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak”. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Tulisan dalam Internet:

“Public Service Operation”, (http://www.anggaran.depkeu.go.id/web-content-list.asp?ContentId =193, diakses 25 September 2013).


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.