PERENCANAAN PEMBANGUNAN BERDASARKAN ANALISIS TABEL I-O TAHUN 2005: STUDI KASUS PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Rita Helbra Tenrini
| Abstract views: 493 | views: 875

Abstract

Penelitian ini ingin mengevaluasi perencanaan pembangunan daerah di Provinsi Bangka Belitung menggunakan analisa Tabel Input Output (I-O) Tahun 2005. Metode penelitian menggunakan analisa kuantitatif deskriptif, yang berasal dari data sekunder, dokumen dan literatur yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis Indeks Daya Penyebaran (IDP) atau forward linkages effect ratio dan Indeks Derajat Kepekaan (IDK) atau backward linkages effect ratio,yang berasal dari pengolahan Tabel I-O. Dari pengolahan Tabel I-O terdapat 4 sektor kunci yang memiliki IDP dan IDK di atas rata-rata (>1) yaitu: (a) bangunan, (b) industri besi dan baja, (c) usaha bangunan dan jasa perusahaan, dan (d) komunikasi. Sementara itu sektor unggulan yang ditetapkan dalam Misi Pembangunan Daerah periode 2007-2012 di Provinsi Bangka Belitung atau yang dikenal sebagai Dasa Bhakti Era EMAS adalah (a) kelautan, (b) pertambangan dan energi, (c) perindustrian dan perdagangan, dan (d) perbankan dan penanaman modal. Implikasi dari penelitian ini diharapkan pemerintah daerah dalam menetapkan perencanaan pembangunan daerah yang terdapat dalam APBD sebaiknya menggunakan informasi yang berasal dari pengolahan Tabel I-O. Jika pemerintah daerah memfokuskan belanja daerah pada sektor-sektor yang menjadi sektor kunci dalam perekonomian sesuai dengan analisa Tabel I-O, maka kualitas belanja daerah akan meningkat dan menciptakan nilai tambah yang lebih dan multiplier effect yang lebih besar dalam perekonomian.

Keywords

perencanaan pembangunan; belanja; kualitas; tabel Input Output; sektor kunci

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Badan Pusat Statistik. Kerangka Teori dan Analisis Tabel Input-Output. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2008.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tabel Input Output Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2005.

Pangkalpinang: BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 2006.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Buku III Pembangunan Berdimensi Kewilayahan: Memperkuat Sinergi Pusat-Daerah dan Antar Daerah. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), 2010.

Tulisan dalam Internet:

“Selayang Pandang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”. (http://www.babelprov.go.id/, diakses 13 Maret 2013).

“Dasa Bhakti Era EMAS Sebagai Misi Daerah”. (http://www.babelprov.go.id/content/dasa-bhakti-era-emas-sebagai-misi-daerah, diakses 23 Januari 2013).

“Menkeu Tetapkan Belanja Berkualitas dalam RAPBN 2013”. (http://www.analisadaily.com/news/read/ 2012/08/15/68915/menkeu_tetapkan_belanja_berkualitas_dalam_rapbn_2013/, diakses 23 Januari 2013).

“Belanja Berkualitas Harus penuhi 3 Unsur Efisiensi”. (http://www.investor.co.id/home/belanja-berkualitas-harus-penuhi-3-unsur-efisiensi/49114#Scene_1, diakses 23 Januari 2013).

Vinod Thomas. “The Quality of“Public Service Operation”, (http://www.anggaran.depkeu.go.id/web-content-list.asp?ContentId=193, diakses 25 September 2013). Spending”. The Straits Times 24 November 2009. (http://siteresources.worldbank.org/EXTDIRGEN/Resources/StraitsTimes_QualityofSpending.pdf, diakses 14 Maret 2013).

Dokumen:

Nota Keuangan & Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2013.

Peraturan Perundang-Undangan:

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Amandemen ke empat.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.