PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO, INFLASI, INFRASTRUKTUR, DAN RISIKO POLITIK TERHADAP INVESTASI LANGSUNG ASING DI INDONESIA

Sony Hendra Permana, Edmira Rivani
| Abstract views: 842 | views: 961

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh produk domestik bruto, infrastruktur, risiko politik, dan inflasi terhadap Foreign Direct Investment (FDI) di Indonesia. Model analisis yang digunakan adalah Johansen Multi Variate Cointegration Analysis untuk estimasi parameter jangka panjang dan Error Correction Model untuk estimasi parameter jangka pendek. Hasil uji kointegrasi membuktikan bahwa terdapat kointegrasi antara variabel-variabel bebas dengan variabel terikat. Dalam jangka panjang variabel PDB, Infrastruktur, dan Inflasi secara signifikan memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel FDI, sementara variabel risiko politik secara signifikan memiliki pengaruh yang negatif. Dalam jangka pendek hanya variabel perubahan inflasi saja yang signifikan berpengaruh terhadap perubahan variabel FDI. Namun kiranya dicatat bahwa hasil dugaan parameter yang bertanda positif untuk inflasi berbeda dari harapan teoritis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam jangka pendek model ini memiliki speed of adjustment yang signifikan dan cepat melakukan koreksi ketika terjadi shock sehingga dapat kembali ke titik keseimbangan jangka panjangnya.

Keywords

Foreign Direct Investment; Produk Domestik Bruto; infrastruktur; risiko politik; inflasi

Full Text:

Untitled

References

Buku:

Fuady, A. Helmy, Latif Adam, Maxensius Tri Sambodo, dan Purwanto. Mengurai Benang Kusut Daya Saing Indonesia. Jakarta: LIPI Press, 2007.

Hady, Hamdy. Ekonomi Internasional: Teori dan Kebijakan Keuangan Internasional. Buku 2. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2001.

Hakim, Abdul. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: Ekonisia, Kampus Fakultas Ekonomi UII., 2004.

Jenkins, Carolyn, dan Thomas, Lynne. Foreign Direct Investment in Southern Africa: Determinants, Characteristics and Implication for Economic Growth and Poverty Alleviation. Oxford: University of Oxford, 2002.

Jhingan, M. L. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Madura, Jeff. International Financial Management, 6th Edition. USA: South-Western College Publishing, 2000.

The PRS Group Inc. International Country Risk Guide. New York: The PRS Group Inc, berbagai tahun.

Artikel dalam Jurnal, Working Paper, Majalah, dan Surat Kabar:

Asiedu, Elizabeth. “On the Determinant of Foreign Direct Investment to Developing Country: Is Africa Different?”. World Development, 30(1), 2002.

Kurniati, Y., A. Prasmuko, dan Yanfitri. “Determinan FDI (Faktor-Faktor yang Menentukan FDI)”. Working Paper, WP/06/2007, 2007.

Mottaleb, Khondoker Abdul. “Determinants of Foreign Direct Investment and Its Impact on Economic Growth in Developing Countries”. MPRA Paper No. 9457, 2007.

Sarwedi. ”FDI di Indonesia dan Faktor yang Mempengaruhinya”. Jurnal Akuntansi & Keuangan 4(1), 2002.

Scheider and Frey. “Economic and Political Determinant of Foreign Direct Investment in Developing Country”, World Development, 13, 1986.

Internet:

United Nations Conference on Trade and Development. (http://unctad.org, diakses tanggal 11 Februari 2013).

World Economic Forum. “The Global Competitiveness Report 2012-2013”. (www.weforum.org/, diakses tangal 9 januari 2013).

Dokumen Resmi:

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.