Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia

Sony Hendra Permana

Abstract

Indonesia has enormous potential to become a country with large-scale economies in the world. Indonesia has potential natural resources, human resources, macroeconomic stability, and a conducive investment climate. Nevertheless, Indonesia still faces considerable social problems such as poverty and unemployment. This article seeks to describe the effort to overcome these social problems through empowerment of small medium enterprises (SMEs) development. This research method using a qualitative approach with descriptive analysis. SMEs play an important role in the Indonesian economy, especially in the formation of the Gross Domestic Product (GDP) and employment. SMEs is one of the economic sectors that can survive the economic crisis. The development of SMEs can take advantage of development in information technology through equal-commerce and social media. The government also needs to improve the infrastructure to speed up internet access throughout Indonesia. The growth of delivery service companies will also help SMEs in terms of product distribution. The increasing number of SMEs also needs to be supported by the entrepreneurial spirit of society. This entrepreneurial spirit can be built through an integrated education curriculum from basic education to universities. In addition, the development of vocational education with a strengthened entrepreneurship education can create new entrepreneurs who have competence and competitiveness



 Indonesia sangat potensial untuk menjadi suatu negara dengan ekonomi skala besar di dunia. Hal ini karena Indonesia memiliki sumber daya alam, sumberdaya manusia, stabilitas makroekonomi, dan iklim investasi yang kondusif. Namun demikian, Indonesia masih menghadapi permasalahan sosial yang serius yaitu kemiskinan dan pengangguran. Tulisan ini berupaya menguraikan upaya penanggulangan masalah sosial tersebut melalui pemberdayaan, khususnya melalui peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisa yang bersifat deskriptif. UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang mampu bertahan dalam goncangan krisis ekonomi. Pengembangan UMKM saat ini dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi melalui e-commerce dan media sosial. Pemerintah perlu meningkatkan infrastruktur agar kecepatan akses internet merata di seluruh Indonesia. Pertumbuhan perusahaan jasa pengiriman juga akan membantu UMKM mendistribusikan produknya. Peningkatan UMKM perlu didukung oleh jiwa kewirausahaan masyarakat. Upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dilakukan melalui kurikulum pendidikan yang terintegrasi dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, pengembangan pendidikan vokasi dengan penguatan pendidikan kewirausahaan dapat menciptakan wirausahawan baru yang memiliki kompetensi dan daya saing. 

Keywords

SMEs, labor, internet, e-commerce, entrepreneurship, education.

Full Text:

pdf

References

Jurnal

Galindo, M.A., dan Picazo, M.T.M. 2013. Innovation, Entreprenuership and Economic Growth, Management Decision, Vol. 51, Issue 3, hlm. 501-514.

Harefa, M. 2015. Masalah dan Tantangan Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat di Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah, Jurnal Kajian, Vol. 20 No. 4, Desember, hlm. 343-366.

Hussain, M.F., Sultan, J., dan Ilyas, 2011. S.Entrepreneurship and Economic Growth, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, Vol. 2, No. 12, hlm. 745-750.

Moriansyah, L. 2015. Pemasaran Melalui Media Sosial:Antecedents dan Consequences, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol. 19, No. 3, Desember, hlm. 187-196.

Suryaman. 2015. Model Kurikulum Berbasis Wirausaha

Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Berbasis Multibudaya di Sekolah Dasar, Sosio Humanika, Vol 8, No. 1, May, hlm. 77-88.

Thurik, R dan Wennekers, S. 2004. Entrepreneurship, Small Business and Economic Growth, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol.11, Issue 1, hlm. 140-149.

Yuliana, O.Y. 2000. Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis, Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 2, No. 1, hlm. 36-52.

Buku

Azis, A dan Rusland, A.H. 2009. Peranan Bank Indonesia di Dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia

Dharmawati, D.M. 2016. Kewirausahaan, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Laena, I. 2010. Membedah UMKM Indonesia: Sebuah Kajian Tentang Strategi Pemberdayaan & Pengmebangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia, Jakarta: Lugas Foundation.

Pambudy, R., Priatna, W.B., dan Burhanuddin. 2017. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Bogor: Idemedia Pustaka Utama.

Permana, S.H. 2015. Peningkatan Produktivitas Rakyat dan

Daya Saing Bangsa: Pengembangan di Sektor UMKM, dalam buku bunga rampai dengan judul Mewujudkan Agenda Prioritas Nawacita, Jakarta: Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi Sekretariat Jenderal DPR RI bekerjasama dengan Azza Grafika.

Permana, S.H. 2016. Peningkatan Peran Teknologi Informasi Dalam Pemasaran Produk UMKM di Indonesia, dalam buku bunga rampai yang berjudul Reformulasi Kebijakan Sektoral Ekonomi Indonesia Dalam Perspektif Globalisasi, Jakarta: Badan Keahlian DPR RI bekerjasama dengan Balai Pustaka.

Roll, M. 2006. Asian Brand Strategy, New York: Palgrave Macmillan.

Suryana. 2017. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.

Suryana, Y, dan Bayu, K. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Jakarta: Prenadamedia Group.

Zimmerer, T.W., dan Scarborough, N. M. 1996. Enterpreneurship and The New Venture Formation, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Makalah

Adji, A. 2016. Pemanfaatan Basis Data Terpadu (BDT) untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Ketimpangan, makalah disampaikan pada Forum Discussion Group dengan Badan Keahlian DPR RI

tanggal 26 September 2016.

Goeltom, M.S. 2005. Kebijakan Perbankan dalam Mendukung Upaya Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Makalah disampaikan dalam seminar nasional, diselenggarakan oleh Pimpinan

Pusat Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPP-HIPPI).

Jaweng, R.E. 2016. UU Penanaman Modal di Daerah:

Catatan Pelaksanaannya dalam Kasus Perizinan dan Pungutan, makalah disampaikan dalam Focus Discussion Group dengan Badan Keahlian DPR RI tanggal 9 Agustus 2016.

Jumanto. 2016. Sistem Pendidikan di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), disampaikan pada sosialisasi POLBAN.

Dokumen Resmi

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, Profil Pengguna Internet Indonesia 2014, Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, 2015.

Bank Indonesia. 2017. Statistik Ekonomi dan Keuangan

Indonesia (SEKI), Jakarta: Bank Indonesia.

Kementerian Keuangan. 2016. Nota Keuangan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2017, Jakarta: Kementerian Keuangan.

Oberman, R., Dobbs, R., Budiman, A., Thompson, F., dan Rosse, M. 2012. The Archipelago Economy: Unleashing Indonesia’s Potential, Jakarta:McKinsey Global Institute.

OECD. 2005. OECD SME and Entrepreneurship Outlook: 2005, Paris: OECD.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

World Economic Forum. 2016. The Global Competitiveness Report 2016-2017, Jenewa: World Economic Forum.

Majalah

Sulaeman, S. 2004. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam Menghadapi Pasar Regional dan Global, Infokop Nomor 25 Tahun XX.

Internet

Asperindo, About ASPERINDO, http://asperindo.org/about/, diakses 20 Mei 2017.

Badan Pusat Statistik, 3 Januari 2017, Profil Kemiskinan di Indonesia September 2016, https://www.bps.go.id/index.php/brs/1376, diakses 27 April 2017.

Badan Pusat Statistik, 5 Mei 2017, Tingkat Pengangguran

Terbuka (TPT) Sebesar 5,33 Persen, https://www.bps.go.id/Brs/view/id/1378, diakses 20 Mei 2017.

Badan Pusat Statistik, 19 Juni 2017, Penduduk Berumur

Tahun Ke Atas Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan dan Jenis Kegiatan Selama Seminggu yang Lalu, https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1909, diakses 20 Mei 2017.

BKKBN: Indonesia Mendapat Bonus Demof=grafi pada 2020, http://www.antaranews.com/print/145637/

bkkbn-indonesia-mendapat-bonus-demografipada-2020, diakses 20 Mei 2017.

Indonesia Invesment, Penduduk Indonesia, https://www.

indonesia-investments.com/id/budaya/penduduk/

item67?, diakses 27 April 2017.

Internet Indonesia Jomplang, Palapa Ring yang Mangkrak

Tahun Dihidupkan, http://tekno.kompas.com/read/2016/03/18/20330017/Internet.Indonesia.Jomplang.Palapa.Ring.yang.Mangkrak.11.Tahun.Dihidupkan, diakses 20 Juli 2016.

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia,

Sumber Daya Alam, http://indonesia.go.id/?page_id=6100, diakses 27 April 2017.

Mendagri Publikasikan 3.143 Perda yang Dicabut

dan Direvisi Pemerintah, http://news.detik.com/

berita/3238417/mendagri-publikasikan-3143-

perda-yang-dicabut-atau-direvisi-pemerintah,

diakses 29 Agustus 2016.

Pemerintah Luncurkan Paket Kebijakan Pengembangan Wirausaha, http://www.antaranews.com/

berita/484788/pemerintah-luncurkan-paketkebijakan-pengembangan-wirausaha, diakses 20 Juli 2016.

Ratio Wirausaha Indonesia Naik Jadi 3,1 Persen, http://

www.depkop.go.id/content/read/ratio-wirausahaindonesia-naik-jadi-31-persen/, diakses 20 Mei 2017.

The World Bank, Indonesia, http://data.worldbank.org/

country/indonesia?view=chart, diakses 20 Mei 2017.

The World Bank, Small and Medium Enterprises (SMEs) Finance, http://www.worldbank.org/en/topic/financialsector/brief/smes-finance, diakses 20Mei 2017.


DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v8i1.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.