Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional

Yulia Indahri

Abstract

On September to November 2021, the government conducted a National Assessment (NA) as the latest evaluation to national education system. In Indonesia, the education evaluation model has undergone several changes. The most recent one, the National Examination (NE), which was still the only national student evaluation for primary and secondary school students had to be canceled in 2020 due to the pandemic. The results of the NA will be a baseline of the service and performance of each school participating in NA. Next step would be a joint reflection to accelerate the improvement of the quality of education. This paper tried to determine whether NA would be a sound decision in present day educational system evaluation. A literature review is expected to describe the dynamics and complement the academic study of the implementation of educational evaluation in a new format. From the long journey of education evaluation, all stakeholders can learn so that education evaluation does not fall back into the same trap of results-oriented without paying any attention to the process. Cost, coverage area, government's commitment as the provider, and evaluation results for the development of education units are important factors indicating that NA can be accepted as a choice taken into account from the various options available. Evaluation of the implementation of NA needs to be reported on time and accessible to the public so that any efforts could be made to resolve current and identified education problems as well as to follow the ideal of national education.


Abstrak

Di bulan September–November 2021, pemerintah melaksanakan Asesmen Nasional (AN) sebagai evaluasi mutakhir terhadap sistem pendidikan nasional. Model evaluasi pendidikan di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan, dan terakhir di tahun 2020, Ujian Nasional (UN) yang masih menjadi satu-satunya upaya evaluasi siswa secara nasional di akhir jenjang pendidikan dasar dan menengah harus dihapuskan karena pandemi. Hasil AN akan menjadi cermin atau potret layanan dan kinerja setiap sekolah untuk selanjutnya secara bersama-sama dapat dilakukan refleksi guna mempercepat perbaikan mutu pendidikan. Tulisan ini akan melihat apakah AN merupakan pilihan tepat untuk mengevaluasi sistem pendidikan saat ini. Studi literatur diharapkan dapat menggambarkan dinamika dan melengkapi studi pelaksanaan evaluasi pendidikan dalam format baru yang sebelumnya tidak pernah digunakan di Indonesia. Dari perjalanan panjang evaluasi pendidikan, semua pemangku kepentingan dapat belajar agar evaluasi pendidikan tidak kembali terjebak hanya untuk mengejar hasil, tanpa menghiraukan proses. Faktor biaya, luas cakupan, komitmen pemerintah sebagai penyelenggara, dan hasil evaluasi untuk pengembangan satuan pendidikan menjadi faktor penting yang menunjukkan bahwa AN dapat diterima sebagai pilihan yang perlu diperhitungkan dari beragam pilihan yang ada. Evaluasi pelaksanaan AN perlu disampaikan secara cepat dan dapat diakses oleh publik agar masalah pendidikan yang teridentifikasi saat ini dapat segera dimulai untuk diselesaikan dan cita-cita pendidikan nasional dapat diwujudkan.


Keywords

asesmen nasional; evaluasi pendidikan; ujian nasional; education evaluation; national assessment; national examination

Full Text:

pdf

References

Absawati, H. (2020). Telaah sistem pendidikan di Finlandia: penerapan sistem pendidikan terbaik di dunia jenjang sekolah dasar. Jurnal Elementary, 3(2), 64–70. doi: 10.31764/elementary.v3i2.2136

Adom, D., Mensah, J. A., & Dake, D. A. (2020). Test, measurement, and evaluation: understanding and use of the concepts in education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 109–119. doi: 10.11591/ijere. v9i1.20457

Albertus, D. K. (2021, Maret 9). Paradoks Asesmen Nasional. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/ opini/2021/03/09/paradoks-asesmen- nasional/, pada 3 Juli 2021.

Arika, Y. (2020, Desember 22). Memetakan Kualitas Pendidikan. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/ dikbud/2020/12/22/memetakan-kualitas- pendidikan/, pada 3 Juli 2021.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2018, Maret 15). Ujian nasional siap digelar 8,1 juta peserta dengan 78 persen berbasis komputer. bsnp-indonesia.org. Diakses dari https://bsnp-indonesia.org/2018/03/ ujian-nasional-siap-digelar-81-juta- peserta-dengan-78-persen-berbasis- komputer/, pada 3 Juli 2021.

Braun, H., Kanjee, A., Bettinger, E., & Kremer, M. (2006). Improving education through assessment, innovation, and evaluation. Cambridge: American Academy of Arts and Sciences.

Breakspear, S. (2014). How does PISA shape education policy making? Why how we measure learning determines what counts in education. Seminar Series 240. Victoria: Centre For Strategic Education.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Daerah Istimewa Yogyakarta. (2021, Mei 20). ASPD untuk siswa lulusan luar DIY dan siswa lulusan DIY tahun 2020. Dikpora. jogjaprov.go.id. Diakses dari https:// dikpora.jogjaprov.go.id/web/berita/read/ ASPD-untuk-siswa-lulusan-luar-DIY-dan- siswa-lulusan-DIY-tahun-2020

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). [Prosiding]. Seminar Nasional & Call for Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Tasikmalaya, 19 Januari 2019.

Herman, T. (2003). TIMSS dan implikasinya terhadap pendidikan matematika di Indonesia. Mimbar Pendidikan, 2(XXII), 12– 18.

Indahri, Y. (2016). Moratorium ujian nasional. Majalah Info Singkat, VIII(23/I/P3DI/ Desember/2016), 9–12.

Irfany, R. (2019, Desember 13). Partai- partai sepakati penghapusan ujian nasional. Koran.Tempo.co. Diakses dari https://koran.tempo.co/read/berita- utama/448393/partai-partai-sepakati- penghapusan-ujian-nasional, pada 3 Juli 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019a). Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kemendikbud.go.id. Diakses dari https://unbk.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019b, Maret 22). Ujian nasional siap digelar: 8,3 juta peserta dengan 91 persen berbasis komputer. Kemendikbud.go.id. Diakses dari https://www.kemdikbud. go.id/main/blog/2019/03/ujian-nasional- siap-digelar-83-juta-peserta-dengan-91- persen-berbasis-komputer

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Laporan kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mediana. (2021, Januari 21). Kasus Covid-19 terus naik, asesmen nasional akhirnya ditunda. Kompas.id. Diakses dari https:// www.kompas.id/baca/dikbud/2021/01/21/ pengunduran-pelaksanaan-mesti-dipakai- mengoptimalkan-kajian-legal-dan-teknis/, pada 3 Juli 2021.

Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and assessment in teaching. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Nanang, & Rusman. (2019). Analisis kebutuhan pelatihan standar penilaian berbasis data pemetaan mutu pendidikan (PMP). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 24–37. doi: 10.21831/jpipfip.v12i1.20605

Napitupulu, E. L. (2018, April 19). Penalaran pada siswa belum diperkuat. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/ utama/2018/04/19/penalaran-pada-siswa- belum-diperkuat/, pada 3 Juli 2021.

Napitupulu, E. L. (2021, Juli 29). Menggugat urgensi asesmen nasional di tengah pandemi. Kompas.id. Diakses dari https:// www.kompas.id/baca/dikbud/2021/07/29/ menggugat-urgensi-asesmen-nasional-di- tengah-pandemi/, pada 12 Agustus 2021.

Nasution, N. (2008). Evaluasi pembelajaran fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Oktora, D. (2019a, November 27). Pemerintah matangkan rencana menghapus ujian nasional. Koran Tempo. Diakses dari https://koran.tempo.co/read/berita- utama/447936/pemerintah-matangkan- rencana-menghapus-ujian-nasional, pada 2 Agustus 2021.

Oktora, D. (2019b, Desember 14). Pemerintah uji coba metode asesmen pengganti ujian nasional. Koran Tempo. Diakses dari https://koran.tempo.co/read/berita- utama/448438/pemerintah-uji-coba- metode-asesmen-pengganti-ujian- nasional, pada 2 Agustus 2021.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2016). PISA 2015 results (volume I): excellence and equity in education. doi: 10.1787/9789264266490- en

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). Country note PISA 2018 result. Diakses dari https://www. oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_ IDN.pdf, pada 22 Mei 2021.

Pancawati, M. B. D. (2019, Mei 2). Lika-liku ujian nasional dan kurikulum pendidikan. Kompas.id. Diakses dari https://www. kompas.id/baca/utama/2019/05/02/ lika-liku-ujian-nasional-dan-kurikulum- pendidikan, pada 2 Agustus 2021.

Postlethwaite, T. N., & Kellaghan, T. (2008). National assessments of educational achievement. Paris: The International Institute for Educational Planning.

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), Juni 2019, 51–71. doi: 10.24832/jpnk.V4i1.1157

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2021). Asesmen nasional. Lembar tanya jawab. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pendidikan di Indonesia. Belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putri, R. S. (2018, Maret 7). 28 sekolah Indonesia di luar negeri terapkan UNBK. Tempo.co. Diakses dari https://nasional. tempo.co/read/1067336/28-sekolah- indonesia-di-luar-negeri-akan-terapkan- unbk/full&view=ok , pada 2 Agustus 2021.

Rothner, J. W. M. (1968). Evaluation of learning, in C. E. Skinner (Ed.). Educational psychology (4th edition). New Delhi: Prentice-Hall of India.

Samekto, F. X. A. (2021, Februari 5). Tentang profil pelajar Pancasila. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/ opini/2021/02/05/tentang-profil-pelajar- pancasila, pada 2 Agustus 2021.

Scriven, M. (1981). Evaluation thesaurus (3rd edition). Inverness: Edgepress.

Singh, G. (2018). Concept and purpose of evaluation. [Materi Kuliah Indira Gandhi National Open University]. Diakses dari http://egyankosh.ac.in/ bitstream/123456789/46038/1/Unit-1.pdf

Sjøberg, S. (2015). PISA and global educational governance-a critique of the project, its uses and implications. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(1), 111–127. doi: 10.12973/ eurasia.2015.1310a

Slameto. (2011). Evaluasi diri sekolah dan monitoring sekolah. Scholaria, 1(2), 1–21.

Stiggins, R. J. (1998). Classroom assessment for student success. Student assessment series. Washington, DC: National Education Association.

Stock, J., Macleod, J., Holland, J., Davies, A., Jennings, P., Richards, J., Hughes, A., Garbett, J., & Cross, M. (1987). Assessment and evaluation in training. Training technology programme, (Vol. 6). Carnforth: Parthenon.

Strauss, V. (2019). Expert: How PISA created an illusion of education quality and marketed it to the world. Washington Post. Diakses dari https://www.washingtonpost. com/education/2019/12/03/expert-how- pisa-created-an-illusion-education-quality- marketed-it-world/, pada 2 Agustus 2021.

Suwarta, T. H. (2019, Desember 11). Ini sejarah ujian nasional di Indonesia. Mediaindonesia.com. Diakses dari https:// mediaindonesia.com/humaniora/277115/ ini-sejarah-ujian-nasional-di-indonesia, pada 2 Agustus 2021.

Tripathi, R., & Kumar, A. (2018). Importance and improvements in teaching-learning process through effective evaluation methodologies. International Journal for Environmental Rehabilitation and Conservation, IX(2), 07–16. doi: 10.31786/09756272.18.9.2.202

Uljens, M. (2007). The hidden curriculum of PISA: The promotion of neo-liberal policy by educational assessment. FERA Congress in Vasa, 22–23 November 2007, 1–11. Diakses dari http://www.vasa.abo.fi/ users/muljens/pdf/the_hidden.pdf

Wulan, A. R. (2012). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. [Materi Kuliah FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia]. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/ FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/ANA_ RATNAWULAN/pengertian_asesmen.pdf

Yossihara, A. (2020, Maret 24). Lindungi anak didik, UN 2020 ditiadakan. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/ dikbud/2020/03/24/lindungi-anak-didik- un-2020-ditiadakan/, pada 2 Agustus 2021.


DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.